INFO

Terbaru
Seputar K3

19
Apr
2019

K3 Perusahaan Otomotif: Tips Membangun Awareness

by pjk3safetyglobal | no comments | Artikel Blog K3, PJK3 Lampung

Bagaimana Membangun Awareness K3 Lingkungan Otomotif? Perusahaan otomotif adalah salah satu perusahaan yang memiliki risiko kecelakaan kerja cukup tinggi. Terutama untuk bagian perusahaan yang melakukan perakitan maupun perawatan pada produk-produk mobil. Risiko keselamatan dan keamanan yang terjadi bisa terjadi karena pekerja terekspos oleh perlengkapan listrik, bahan-bahan kimia yang digunakan untuk mesin mobil maupun cat mobil, bisa juga kecelakaan yang disebabkan karena cedera akibat kontak dengan berbagai macam perlengkapan otomotif dan bengkel yang semestinya memenuhi ruang produksi. Maka dari itu PJK3 Lampung menyarankan kepada para perusahaan otomotif untuk terus memperbarui sistem K3 yang dimiliki sesuai dengan situasi dan risiko yang ada. Berikut adalah beberapa tipsnya.

Membentuk struktur organisasi K3 di tubuh perusahaan

Meski keamanan dan juga keselamatan pekerja adalah tanggung jawab seluruh karyawan, namun tetap dibutuhkan struktur organisasi yang memiliki tanggung jawab langsung kepada pimpinan mengenai implementasi K3 yang berlaku sebagai standar di perusahaan. Struktur organisasi dipimpin oleh kepala bagian atau supervisor yang memiliki tugas untuk melakukan pengawasan, mengumpulkan data secara rinci jika terjadi kecelakaan, membuat peraturan dan petunjuk operasional dan standar keamanan, menjadi koordinator untuk pertemuan K3 di antara karyawan, melakukan evaluasi, dan sebagainya. Di dalam struktur organisasi ini sebaiknya juga dilengkapi dengan beberapa personil yang ahli dan bersertifikasi untuk urusan K3.

Melengkapi sarana K3 yang dibutuhkan

Upaya selanjutnya untuk memberikan sistem K3 yang baik di lingkungan perusahaan otomotif adalah menyiapkan sarana dan juga perlengkapan yang dibutuhkan untuk operasi K3 secara lengkap dan sesuai dengan standar. Berbagai macam alat yang dibutuhkan di perusahaan manufaktur otomotif antara lain adalah atribut perlindungan diri seperti misalnya seragam, topi pelindung, sarung tangan, dan sebagainya, kemudian sarana fasilitas manufaktur juga dilengkapi dengan rambu-rambu dan papan-papan peringatan. Ditambah dengan ketentuan dan juga detail mengenai cara menggunakan alat, termasuk kelengkapan darurat seperti misalnya alat pemadam kebakaran, fasilitas kesehatan, dan jika perlu ambulance.

Membuat SOP yang update

Untuk mengurangi angka kecelakaan kerja di perusahaan manufaktur otomotif, PJK3 Lampung juga merekomendasikan untuk menyusun SOP (Standard Operation Procedure) yang mencakup detail dari tata cara penggunaan barang, apa yang harus dilakukan jika ada malfungsi alat, tata tertib selama berada di dalam ruang produksi, prosedur kondisi darurat, dan hal-hal teknis lainnya yang berhubungan dengan keamanan serta keselamatan para pekerja dan personil yang berkepentingan. SOP juga harus selalu dievaluasi dan jika perlu diubah jika ada poin yang sudah tidak relevan dengan kondisi yang sekarang sehingga jika ada masalah pun bisa segera diatasi dan diantisipasi.

Memberikan program pendidikan dan pelatihan K3

Yang tidak kalah penting adalah memberikan pendidikan kepada para Sumber Daya Manusia yang terlibat dalam proses produksi perusahaan otomotif agar semuanya memiliki kesadaran penuh mengenai pentingnya K3 di tempat kerja. Pendidikan maupun pelatihan bisa diberikan kepada pegawai yang baru, pegawai lama dengan tugas baru, atau diberikan sebagai penyegaran terhadap pegawai lama jika sudah lama tidak diadakan pelatihan. Anda juga bisa memberikan program pelatihan sekaligus sertifikasi kepada personil yang memiliki kualifikasi untuk diberi wewenang lebih dalam struktur organisasi K3 di tubuh perusahaan, bersama dengan penyedia jasa K3.

Perawatan peralatan manufaktur dan perlengkapan keamanan

Yang tidak kalah pentingnya menurut PJK3 Lampung adalah melakukan perawatan secara berkala untuk berbagai macam perlengkapan dan juga peralatan yang digunakan baik untuk kegiatan produksi atau yang dipakai sebagai sarana keamanan. Bisa jadi ada perlengkapan yang karatan, kabelnya hampir putus, salurannya mampat, ada bagian yang sobek, dan segala macam. Dengan melakukan perawatan yang rutin maka kerusakan tersebut bisa diketahui lebih awal dan segara diperbaiki atau diganti.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Kontak PT Sastro Global Mandiri

Telepon: 0721 – 483766
PT SASTRO GLOBAL MANDIRI atau disingkat SGM, SGM diberikan Kewenangan dari Kementerian Tenaga Kerja RI ( KEMENAKER RI) dengan MENERBITKAN SURAT KEPUTUSAN PENUNJUKAN (SKP) bidang PEMBINAAN K3. PT SASTRO GLOBAL MANDIRI adalah Perusahaan Jasa K3 bidang PEMBINAAN ( PJK3 PEMBINAAN )

Kontak PT Rachmad Jaya Abadi

Telepon: 0721 – 483766
PT RACHMAD JAYA ABADI atau disingkat RJA, RJA diberikan Kewenangan dari Kementerian Tenaga Kerja RI ( KEMENAKER RI) dengan MENERBITKAN SURAT KEPUTUSAN PENUNJUKAN (SKP) bidang PEMERIKSAAN DAN PENGUJIAN PERALATAN K3 ATAU DISINGKAT RIKSA UJI PERALATAN K3. PT RACHMAD JAYA ABADI adalah Perusahaan Jasa K3 bidang Pemeriksaan dan Pengujian (PJK3 RIKSA UJI).